YKI Cabang Kabupaten Nias Utara Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker

0
70 views

Nias Utara (Kupasnusantara.com) РYayasan Kanker Indonesia (YKI)   Cabang Kabupaten Nias Utara, gelar sosialisasi pencegahan kanker leher rahim (ca cerviks) dan pemeriksaan sreening kanker leher rahim dengan metode iva test.

Adapun Kegiatan Yayasan Kanker Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara Bapak Yusman Zega, A.Pi., M.Si yang dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Nias Utara. Lotu (Kamis 22/12/2022).

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Nias Utara, Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu menyampaikan bahwa penyakit kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada wanita setelah kanker payudara, kurang lebih 36.000 (tiga puluh enam ribu) kasus terkena kanker di Indonesia yang di akhiri dengan kematian.

Peserta kegiatan ini dari ibu-ibu TP-PKK Kabupaten Nias Utara sebanyak 65 orang dari sebelas Kecamatan, ibu-ibu dari DWP Kabupaten Nias Utara sebanyak 5 orang dan kebahagian kita bersama hadir Sekretaris Yayasan Kanker Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Utara Dr. Siti Zahara Nasution, S.Kp.,MNS sebagai narasumber bersama rombongan. Ketua YKI cabang Kabupaten Nias Utara berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib, sehingga ilmu serta informasi yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu : 1. Gambaran Umum Penderita Kanker di Kabupaten Nias Utara, 2. Pencegahan deteksi dini dan penanganan kanker serviks dan 3. Vaksin kanker leher rahim.

Kepala Dinas Kesehatan Bapak Yaadil Telaumbanua, SKM.,MKM pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dalam melakukan pencegahan dan mewaspadai penyakit kanker, untuk mendeteksi kanker leher rahim yaitu dengan melakukan pemeriksaan IVA test. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara juga mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat sukses dan juga bisa di sosialisasikan di berbagai organisasi untuk melakukan pencegahan.

Wakil Bupati Nias Utara pada arahannya menyampaikan bahwa adanya penyakit dipengaruhi oleh kurangnya pola hidup sehat dan makan makanan sembarangan, dan juga di picu oleh melakukan seks bebas atau berganti-ganti pasangan serta di picu oleh berkeluarga pada usia dini.

Wakil Bupati Nias Utara juga menyampaikan, terkhusus untuk ibu-ibu supaya menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang baik dan minum air yang bersih, serta menghindari keseringan mengkonsumsi obat-obatan sehingga masyarakat Nias Utara bebas dari penyakit kanker, dan juga mengharapkan kepada peserta untuk mempelajari, memahami materi yang dipaparkan oleh narasumber sehingga penyakit kanker ini dapat di cegah.

Pada kegiatan ini di hadiri oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Direktur RSU Pratama Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Anggota TP.PKK Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Anggota DWP Kabupaten Nias Utara, Dokter dan Tenaga Medis lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Ketua dan Anggota TP.PKK Kecamatan Se-Kabupaten Nias Utara, ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dan Undangan Lainnya.

( F@MO )