Sambangi Usaha Ayam Petelur, Bupati Nias Barat : Layak Dicontoh

0
767 views

Nias Barat ( Kupas Nusantara ) – Usaha Ayam Petelur ini layak dicontoh, hal ini diungkapkan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely saat menyambangi lokasi usaha Peternak Ayam Petelur di dusun III Tulumbaho Desa Ambukha Kecamatan Lolofitu Moi Kabupaten Nias Barat. Selasa (23/07/2019).

“ Luar biasa usaha ayam petelur ini, layak dicontoh, apalagi kalau induk ayamnya ditambah lagi, ucap Bupati sambil mencoba mengutip beberapa butir telur di lokasi usaha peternakan itu .

Dilokasi Bupati Faduhusi  didampingi  Sekretaris Daerah Prof. Fakhili Gulo bersama rombongan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Nias Barat,dengan mengelilingi lokasi peternakan Ayam Petelur itu sambil memperhatikan bentuk desain kandang dan tempat makanan Ayam petelur tersebut.

Diketahui usaha Ayam petelur di tulumbaho dimiliki oleh keluarga A.Rusu Waruwu yang dikelola melalui PT. Delada Cahaya Mas Agro, oleh Yarisman Waruwu ketika membeberkan kepada Bupati Nias Barat bersama rombongan mengatakan bahwa usaha ayam petelur ini dimulai sejak juni 2018 dengan 6 orang Karyawan dan induk Ayamnya sudah mencapai 9000 ribu ekor dan produksi telur rata-rata sebanyak 12 ribu butir per hari, jadi penghasilan perharinya antara 9 -12 juta perhari,terang Yarisman.

Usai kunjungi lokasi usaha ayam petelur Bupati bersama rombongan lanjut bersilatuhrahmi di rumah  A.rusu sembari Bupati mengajak berdialog dengan Masyarakat Ambukha.

Dikesempatan itu A.Rusu mengucapkan sangat bersuka cita dan berterimakasih kepada Bupati Nias Barat dan seluruh rombongan atas kunjungan , ini merupakan kehormatan baik bagi kami  secara khusus keluarga besar dan begitu juga masyarakat Desa Ambukha, ujar A.rusu yang dikenal sebagai mantan  Kades Ambukha.

 

Sementara Bupati Nias Barat Faduhusi daely mengatakan hari ini merupakan momen ibarat surga dunia ketika kita semua bisa bersukacita dan sambil bersendagurau dengan silahturahmi dalam menyaksikan sebuah hal positif yang meninggalkan kesan dan penuh makna.

 

Bupati juga mengatakan  bahwa kebutuhan telur di wilayah pulau Nias katakan masih 300 ribu butir perhari, sementara usaha ini masih 12 rb butir perhari, jadi kita masih kekurangan untuk kebutuhan masyarakat kita, untuk itu saya Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk membuka usaha ayam petelur ini untuk pemenuhan kebutuhan telur yang masih kekurangan,himbau Bupati.

“ Target kita usaha ini berkembang terus,hingga tahun 2020 mencapai 50 ribu ekor ujar Bupati, sembari Bupati minta Dinas Pertanian dan Peternakan agar usaha ini di ambukha dapat diperhatikan dan dapat dibantu,ujar Bupati

Lebih lanjut  Eliyunus Waruwu mewakili keluarga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati Nias Barat, Sekda dan seluruh rombongan OPD Pemkab Nias Barat, hari ini merupakan catatan sejarah bagi kami, keluarga dan masyarakat di dusun III Desa Ambukha dan terkhusus bagi manajer usaha ayam petelur, ini merupakan motifasi bagi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan usaha ini dan dapat dicontoh oleh masyarakat lain kedepan.

Sebelumnya juga , terlebih dahulu Eliyunus menyampaikan kepada masyarakat disekitar bahwa pengelolaan dan penanganan limbah ternak Ayam ini, akan rutin dilakukan penanganan serius, sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan kita,tuturnya.( Famo )