Pimpinan Bawaslu Provsu Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Nias Barat

NIAS BARAT ( Kupas Nusantara ) – Pimpinan Badan Pengawas Pemilu Propinsi Sumatera Utara ( Bawaslu Provsu ) Suhadi Sukendar Situmorang SH., MH dengan resmi membuka pelaksanaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Kabupaten Nias Barat.

Sosialisasi yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Nias Barat ini dilaksanakan di Tokosa Hall Onolimbu, selasa ( 26 – 03 -2019) turut dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Propinsi Sumatera Utara bersama rombongan dari Medan yakni Ferry Afryansa Pohan SH dan Edwar Bangun serta Suryanti Lubis dan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Nias Barat diantaranya Yulianus Gulo M.Th, Hiskiel Daeli S.Sos dan Efik R Gulo S.Pd beserta Jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Nias Barat dan turut dihadiri Kepala Kesbangpol Drs.Sinema Gulo, Kasat Pol PP Tolona Gulo S.Pd dan sejumlah anggota Satpol PP, serta sejumlah Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Nias Barat, dan juga dihadiri oleh Utusan Organisasi Kepemudaan, Unsur LSM dan Media, serta para tokoh masyarakat dan rohaniawan.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Suhadi Sukendar Situmorang SH., MH dalam arahannya mengatakan salah satu bentuk tanggung jawab profesional dan tanggung jawab moral sebagai Pengawas lembaga pemiliham umum, sesuai undang – undang Nomor 7 Tahun 2017 ada tiga lembaga yang mempunyai peran dan tugas sebagai penyelenggara pemilu ialah Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kedua, Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) dan DKPP.

Dijelaskan Suhadi , KPU ini adalah penyelenggara teknis tahapan pemilu sementara Badan pengawas pemilu ( Bawaslu ) adalah lembaga yang melakukan Pengawasan terhadap jalannnya tahapan pemilihan umum, dan Ketiga DKPP ( Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum ) sebagai lembaga yang mengawasi Kode Etik Penyelenggara, ujarnya.

Pengawasan tersebut dilakukan lanjut Suhadi baik terhadap penyelenggara Pemilu maupun peserta pemilu. Peserta pemilu, maksudnya partai politik, calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota DPRD di Kabupaten – Kota, terangnya.

Dikesempatan itu Pimpinan Bawaslu Provsu berharap kiranya melalui pertemuan sosialisasi pengawasan pemilu yang diinisiasi oleh bawaslu kabupaten Nias Barat ini, mampu mendorong partisipasi pemilih yang meningkat dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkhusus di kabupaten Nias Barat ini untuk sadar berdemokrasi dan menggunakan hak pilihnya, tidak Golput dan menghindari Money Politik serta Hoax dan Ujaran Kebencian, ujarnya.

Suhadi menyampaikan, saya percaya kepada semua peserta yang hadir di tempat ini , orang – orang pilihan sebagai pelayan publik baik diri tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Kota. Kita juga berharap kiranya Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat menjadi ujung tombak pelayan publik dalam penyampaian informasi terkait mengenai tahapan pengawasan pemilu ini,harapnya.

Diakhir sambutannya sebelum membuka sosialisasi pengawasan pemilu Pimpinan Bawaslu Provsu meminta peserta sosialisasi kiranya melalui lanjutan diskusi pihaknya bisa menggali informasi berbagai pengalaman untuk dijadikan sebagai bahan masukan, pintanya.

Sementara dalam sambutan mewakili Bupati Nias Barat oleh Kepala Badan Kesbangpol Drs. Sinema Gulo mengatakan Sebagai Pemerintah Daerah sangat memberikan Apresiasi yang tinggi secara khusus kepada Bawaslu Kabupaten Nias Barat karena dengan Sosialisasi ini kita dapat memahami bagaimana pelaksanaan pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 yang akan datang ujarnya.

Sebelumnya, dalam sambutan lebih awal Yulianus Gulo M.Th Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Barat menyampaikan Sosialisasi pengawasan pemilu ini dilakukan oleh Bawaslu Nias Barat karena Bawaslu Kabupaten Nias Barat merasa tidak berdaya, apalagi ketika kami bekerja sendiri dan tidak ada dukungan dari stakeholder untuk mensukseskan acara akbar pesta demokrasi pada bulan april 2019 mendatang ini, ujarnya.

Dikatakan Yulianus kedatangan Pimpinan Bawaslu Propinsi Sumatera Utara bersama rombongan di Kabupaten Nias Barat sangat membuat semangat bagi kami sebagai bawahan di tingkat Kabupaten Nias Barat ini, demikian juga kepada Pemerintah Daerah dan jajaran, kami sangat berterimakasih dimana selama ini sangat merespon apa yang menjadi program penyelenggara pemilu, terlebih respon langsung Bapak Bupati saat tatap muka dengan kami, untuk bekerjasama dalam satu tujuan untuk mensukseskan Pesta Demokrasi pada april 2019 mendatang,tandasnya.

( Famo )

110 views
error: Content is protected !!