Intel Nyusup Jadi Kontributor, TVRI : Tak Masalah

0
399 views

Blora, kupasnusantara.com – Kepala Televisi Republik Indonesia atau TVRI┬áStasiun Jawa Tengah, Sifak, mengaku tidak merasa kecolongan ada anggota kepolisian yang menjadi kontributor di medianya, Rabu (14/12/2022).

Sebelumnya diketahui bahwa Inspektur Polisi Satu (Iptu) Umbaran Wibowo merupakan kontributor TVRI di Blora yang dilantik menjadi Kepala Kepolisian sektor Kradenan pada Senin, 12 Desember 2022 lalu.

“Bukan disusupi karena karakter kami sama, RI (Republik Indonesia). Tujuannya dia negara, kami juga negara. Tujuannya bangsa, kami juga bangsa,” ungkap Sifak di ruang kerjanya pada Rabu, 14 Desember 2022.

Dia mengatakan, meskipun awalnya tidak mengetahui, kejadian yang telah berlangsung bertahun-tahun itu justru memberi ruang untuk kepentingan negara.

“TVRI dalam tanda kutip memfasilitasi kegiatan negara,” ujar dia.

TVRI Jawa Tengah mengetahui Iptu Umbaran merupakan anggota kepolisian sejak sekitar sebulan lalu. Ketika itu sedang digelar pembekalan bagi kontributor TVRI di kota Salatiga. Iptu Umbaran secara lisan mengungkapkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri karena akan mendapat jabatan terbuka di kepolisian.

“Selama 10 tahun menjadi kontributor TVRI, sebelumnya di media lain,” ungkapnya.

Pengakuan ini jelas mengejutkan bagi segenap insan pers dimana prinsip dasar indepedensi jurnalistik menjadi absurb disaat aktivitas peliputan dibarengi dengan kerja-kerja jaringan inteligen.