Aksi Heroik Satgas TNI Berhasil Selamatkan Anak Tenggelam Di Papua

0
110 views

Papua, kupasnusantara.com – Aksi heroik yang diperlihatkan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang berada di Pos Wambes Papua, menyelamatkan 2 (dua) anak Papua bernama Domingkus (10 th) dan Junior (9) yang tenggelam terjatuh terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (10/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Eka Yudha Siregar dalam keterangannya.

Aksi tersebut berawal dari Danpos beserta 10 orang anggota melaksanakan anjangsana dan Komsos di Kampung Wambes, tiba-tiba Danpos didatangi oleh salah satu warga yaitu Bapak Piter untuk menolong yang sebelumnya melihat 2 orang anak terjatuh terbawa arus sungai di Kampung Wambes.

Danpos beserta 10 orang anggota bergegas menuju lokasi tempat kejadian tersebut untuk melakukan pencarian.

Setelah menyusuri sungai, personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks berhasil menemukan korban tersangkut di dahan pohon pinggir sungai yang cukup deras, Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar bersama anggotanya Pratu Julian melompat ke sungai untuk mengevakuasi korban yang sudah tidak sadarkan diri.

Kedua korban berhasil diangkat ke pinggiran sungai kemudian dilakukan tindakan pertolongan pertama oleh personel TNI Satgas Pamtas Yonif 711/Rks.

”Setelah diangkat ke pinggir sungai kondisinya tidak sadarkan diri, kemudian 2 anak tersebut diberikan pertolongan pertama nafas buatan karena sang anak banyak minum air sungai,” jelas Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar.

”Setelah kedua korban sadar dengan kondisi agak lemas, selanjutnya personel membawanya pulang kerumah orang tuanya Ibu Martina (54) untuk dicek kondisi kesehatannya dan dilaporkan ke Dansatgas,” tutur Danpos.

Danpos menyampaikan lebih lanjut setiba di rumah orang tuanya, Pratu Julian anggota kesehatan memberikan makan dan minum serta vitamin, sehingga kondisinya sudah membaik.

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir membenarkan kejadian tersebut bahwa anggotanya yang berada di Pos Pamtas Wambes telah melakukan tindakan penyelamat kepada 2 orang anak Papua yang terseret arus sungai di Kp. Wambes, Papua.

“Memang betul, ada anak warga Papua yang terjatuh ke sungai di Wambes dan berhasil kita evakuasi dan diberi pertolongan oleh anggota satgas Pamtas Yonif 711/Rks, Kita semua bersyukur, kedua korban dapat diselamatkan,” kata Letkol Inf Mutakbir.

Sementara Ibu Martina selaku orang tua anak tersebut menyampaikan syukur terimakasih kepada Bapak Danpos dan Personel Pos Pamtas Wambes Yonif 711/Rks.

”Saya selaku orangtua mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada TNI yang bertungas di Pos Wambes, entah apa jadinya jika tidak ada bapak TNI yang cepat mencari dan menemukan anak kami yang terseret arus sungai. Semoga Tuhan senantiasa memberkati mereka dan melindungi mereka yang bertugas di Desa wambes ini,” ungkap Martina.

Keberadaan Satgas Yonif 711/Rks di tanah Papua, selain menjaga perbatasan antar negara Republik Indonesia dengan Papua New Guinea, juga banyak membantu kesulitan masyarakat di Papua sehingga tidak heran jika terjalin kedekatan yang sangat baik antara warga Papua dengan personel satgas Pamtas Yonif 711/Raksatama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here