20 Calon Terpilih Anggota DPRD Nias Barat ditetapkan KPU 

NIAS BARAT ( Kupas Nusantara ) – Sebanyak 20 orang Calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Nias Barat ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Barat.

Penetapan Calon terpilih dilakukan melalui rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan perhitungan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun 2019 berlangsung di gedung Gereja BNKP Bukit Sion – Onolimbu. Senin ( 22/07/2019).

Rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Famataro Zai Ketua KPU Nias Barat bersama empat Komisioner lainnya turut dihadiri Bawaslu Kabupaten Nias Barat Hiskiel Daeli dan Pemerintah Kabupaten Nias Barat diwakili Kasatpol PP Tolona Gulo, S.Pd dan Juang S Zebua SS Mewakili Kesbangpol. Mewakili Kapolres Nias oleh Kapolsek Sirombu AKP S. Tampubolon beserta Anggota. Sekretaris KPU Yupiter Daeli S.Pd dan Rohaniawan Pdt Firman Hulu S.Th dan sejumlah Pimpinan Parpol sebagai peserta pemilu tahun 2019 di Kabupaten Nias Barat.

Saat itu Komisioner KPU Nias Barat Nigatinia Gulo melakukan pembacaan berita acara penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Nias Barat Tahun 2019 – 2024 antara lain.

Daerah Pemilihan Nias Barat I ( Satu ) sebagai berikut :

1. Grace Orlon Mafoi Waruwu, S.Sos., M.IP ( Partai Gerindra )
2. Drs. Evolut Zebua ( Partai PDI Perjuangan )
3. Fatohu Hia A.Md ( Partai PDI Perjuangan )
4. Nobis Daeli S.Sos ( Partai Golkar )
5. Siado Zai SE.,MM ( Partai Nasdem )
6. Perdamaian F Daeli SH ( Partai Nasdem )
7. Sinar Abadi Gulo S.Pd ( Partai PAN )
8. Sari Utamin Waruwu SE.,MM ( Partai Hanura )
9. Haogomano Gulo ( Partai Hanura )

Daerah Pemilihan Nias Barat II ( Dua ) antara Lain ;

1. Seti Gulo S.AP ( Partai PKB )
2. Drs. Abiyudin Waruwu ( Partai Gerindra )
3. Fiteli Halawa ( Partai PDI Perjuangan )
4. Martinus Gulo, SH ( Partai PDI Perjuangan )
5. Libertini Mendrofa S.Pd ( Partai PDI Perjuangan )
6. Khamozaro Halawa ST ( Partai Golkar )
7. Tolosokhi Halawa S.Pd ( Partai Nasdem )
8. Patrio Zebua SH ( Partai Nasdem )
9. Yarisman Waruwu S.Pd ( Partai Hanura )
10. Yaredi Gulo S.Sos ( Partai Hanura )
11. Nitema Gulo Ir., M.Si ( Partai Demokrat )

Usai Penetapan oleh Ketua KPU Nias Barat Famataro Zai mengatakan Sebuah agenda dalam tahapan pada pemilihan umum Tahun 2019 ini adalah penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Nias Barat pada pemilihan umum 2019.

“ Sekilas mengenai tahapan ini, cukup panjang dan merupakan tahapan terpanjang pemilu, karena merupakan pemilu serentak, terang Famataro .

“ Kami sebagai Penyelenggara mengakui banyak kelemahan dan keterbatasan kami dalam setiap pelayanan – pelayanan kami, untuk itu kami mohon maaf kepada Bapak- ibu peserta pemilu, ujar Famataro.

Tak lupa juga Famataro menerangkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu serentak 2019 di Kabupaten Nias Barat menjadi meningkat dibanding pemilu sebelumnya, bahkan lanjut dia pelaksanaan pengumutan suara dan perhitungan suara, berlangsung dengan baik tanpa ada sesuatu masalah yang mencoreng nama baik daerah ataupun kabupaten nias barat, tandasnya.

Famataro juga mengakui proses terselenggaranya seluruh tahapan pemilu 2019 di Kabupaten Nias Barat atas kerjasama semua pihak begitu juga Bawaslu Kabupaten Nias Barat sebagai pengawas telah mendukung berbagai tahapan- tahapan pemilu, demikian juga dukungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat. Polri dan TNI yang telah mengamankan berbagai tahapan pemilu 2019 hingga berbagai tahapan terselenggara dengan sukses, ujarnya.

Sambutan Bawaslu Kabupaten Nias Barat Hiskiel Daeli mengatakan memang dalam suka duka telah dialami dalam pengawasan tahapan pemilu 2019, namun intinya bagi kami adalah regulasi yang paling utama,ujarnya.
“ Setelah kami memperhatikan ke 20 orang Calon yang telah terpilih dari berbagai Parpol kami meyakini dapat menyalurkan aspirasi rakyat kedepan, dan hal ini juga sekaligus menjadi harapan kami sebagai Bawaslu Kabupaten Nias Barat,katanya.

Sementara Drs. Evolut Zebua dalam sambutannya mewakili Partai Politik menyampaikan ucapan terimakasih kepada KPU Kabupaten Nias Barat bersama jajaran sudah melaksanakan tugas dan telah memfasilitasi seluruh proses pemilu sesuai tugas dan fungsinya.

Evolut juga mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu Kabupaten Nias Barat dan seluruh jajaran telah melakukan tugas pengawasan dengan baik.

“ Sebagai partai politik kami ucapkan terimakasih semoga tahapan yang dihasilkan dapat menghasilkan orang-orang yang baik dan bahkan terbaik, ujar Evolut.

Dikatakan lagi “ saya bersaksi bahwa keterpilihan kami bukan karena partai tapi karena elektabilitas, kapabilitas, popularitas dan kapasitas dari masing- masing kader,ujar Evolut Ketua DPC PDI -P Kabupaten Nias Barat yang dikenal bersahaja ini.

Lebih lanjut Evolut mengatakan, bahwa  Pertarungan sudah selesai, apa harapan – harapan dari kita ketika dipilih, mungkin menjadi bagian yang harus diperjuangkan. Namun saya sebagai orang yang sudah lama bermain dalam kancah politik, mengatakan yang perlu adalah memberi pendidikan politik bagi masyarakat,himbaunya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Evolut kembali mengucapkan terimakasih kepada KPU Kabupaten Nias barat beserta jajaran yang telah menyelenggarakan dengan baik, kami dari partai mengatakan belum menemui kesulitan karena KPU Nias Barat membantu kami juga dalam proses regulasi karena kita sebagai mitra yang saling membutuhkan,tandasnya mengakhiri.( Famo )

1.567 views
error: Content is protected !!